Manfaat Talas pada Rimpang atau Umbi

Manfaat talas pada rimpang atau umbi pun sangat penting. Talas merupakan bahan makanan yang enak dan kaya manfaat.
Manfaat talas pada rimpang atau umbi pun sangat penting. Talas merupakan bahan makanan yang enak dan kaya manfaat.

Manfaat talas juga tersimpan pada bagian rimpang atau umbinya. Rimpang talas bisa dijadikan bubur akar rimpang talas, secara tradisional digunakan sebagai obat encok. Bisa juga digunakan mengatasi radang kelenjar limpa ringan.

Talas secara umum biasa digunakan juga untuk mengobati tukak lambung, asma, dan ganguan bronchia.

Cara penggunaan: Guna menyerap manfaat talas, potong rimpang talas lalu diamkan dalam air garam selama 3 jam. setelah itu Kukus rimpang talas samapai matang.

Untuk pengobatan tukak lambung dan penyakit dalam lainnya, buat kukusan talas ini menjadi bubur. Bisa ditambahkan perasa gurih kaldu ayam atau manis. Sesuaikan saja tergantung pada selera.

Manfaat talas memang sungguh luar biasa.

Hati-hati Menggunakan Talas

Selain kaya manfaat, pengolahan talas perlu kehati-hatian karena getah pada batang talas dapat menimbulkan rasa gatal terhadap kulit kita. Namun tidak begitu berbahaya, karena saat mencuci dengan sabun sudah meredakan rasa gatal tersebut.

Sementara itu langkah awal dalam mengolahnya adalah dengan menghilangkan getah talas tersebut. Caranya, kupas kulit batang talas dan cuci hingga bersih. Selanjutnya potong-potong sepanjang 4-5 cm atau sesuai selera, lalu rebus dalam air mendidih hingga masak lalu tiriskan.

 

Diolah dari berbagai sumber