Tips Memasak Brokoli

Memasak brokoli perlu tehnik khusus, sebaiknya tidak dimasak terlalu lama agar kandungan nutrisinya terjaga.
Memasak brokoli perlu tehnik khusus, sebaiknya tidak dimasak terlalu lama agar kandungan nutrisinya terjaga.

Memasak brokoli membutuhkan kehati-hatian tersendiri. Cukup dimasak sebentar saja agar vitaminnya tidak rusak dan warnanya pun tetap menarik. Memasak brokoli terlalu matang membuat warnanya menjadi hijau kehitaman. Kadar nutrisinya juga banyak yang hilang, terutama vitamin C. Agar brokoli tetap hijau segar, rebus dengan air mendidih yang telah dicampur dengan 1/2 sdt garam.

Secara khusus begini tehnik memasak brokoli yang baik.

1. Direbus

Didihkan sepanci besar air dengan api besar, lalu tambahkan garam setelah air mendidih. Masukkan brokoli dan masak selama sekitar 1 sampai 1 ½ menit hingga brokoli matang tapi tetap renyah. Sambil menunggu, siapkan semangkuk besar air dingin yang telah ditambahkan es batu. Setelah brokoli selesai dimasak, segera tiriskan brokoli dari air panas dan masukkan ke dalam air dingin agar proses pemasakan brokoli berhenti. Brokoli yang masih renyah ini bisa disajikan bersama salad atau sayuran lainnya.

2. Dimasak dalam microwave

Letakkan brokoli di dalam wadah, lalu tuangkan 2-3 sendok makan air di atasnya. Tutup wadah dan masak dalam microwave dengan kekuatan tinggi selama 3-4 menit. Bila brokoli masih belum cukup lunak, masak lagi selama 1 menit. Brokoli yang dimasak dengan oven bisa disajikan dengan bumbu dan minyak zaitun ataupun sup.

3. Dikukus

Saat mengukus brokoli, pastikan airnya tidak menyentuh bagian bawah keranjang pengukus. Tunggu sampai air dalam pengukus mendidih, lalu masukkan brokoli dan tutup pengukus. Kukus selama 4-5 menit hingga brokoli lunak.

4. Ditumis

Keringkan brokoli sebelum ditumis. Tuangkan sedikit minyak pada wajan anti lengket dan panaskan wajan dengan api sedang. Setelah wajan panas, masukkan brokoli dan tambahkan sejumput garam. Tambahkan sedikit minyak ke atas brokoli. Terus masak brokoli sambil diaduk sesekali sampai brokoli lunak dan berwarna hijau terang.

5. Dipanggang

Panaskan oven dengan suhu 425˚F atau 220˚C. Pastikan brokoli dalam keadaan sekering mungkin sebelum dipanggang. Aduk brokoli dengan sedikit minyak dan garam, lalu letakkan brokoli di atas selembar aluminium foil. Panggang selama sekitar 20-25 menit sampai brokoli renyah dan sedikit kecokelatan. Sajikan selagi hangat.