Menyiapkan Media Tanam yang Baik dari Bahan Organik

Agar dapat hasil yang maksimal, gunakan media tanam yang baik.
Agar dapat hasil yang maksimal, gunakan media tanam yang baik.

Selanjutnya, menyiapkan media tanam yang baik untuk menanam sayuran di polybag atau pot dengan menggunakan bahan baku di atas.

Untuk membuat media tanam yang baik diperlukan unsur tanah, bahan pengikat atau penyimpan air dan penyedia unsur hara. Bahan baku yang digunakan adalah tanah lapisan atas (top soil), kompos dan arang sekam.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan tanah yang tampak gembur dan subur, lebih baik diambil dari bagian atau lapisan paling atas. Kemudian sempatkan untuk mengayak tanah tersebut hingga menjadi butiran-butiran halus. Usahakan tanah dalam keadaan kering sehingga tidak menggumpal. Tanah yang menggumpal akan menyebabkan bahan-bahan tidak tercampur dengan merata.
  • Siapkan kompos yang telah matang, bisa dari jenis kompos biasa, bokashi atau kompos takakura. jika memungkinkan, ayak juga kompos atau humus tersebut sehingga menjadi butiran halus. Proses pengayakan dilakukan agar didapatkan media tanam yang rapi.
  • Siapkan arang sekam, bisa diproduksi sendiri dengan membakar sekam padi jika tersedia, atau membeli agar tidak repot.
  • Campurkan tanah, kompos, dan arang sekam dalam sebuah wadah. Komposisi campuran tersebut adalah 2 bagian tanah, 1 bagian kompos dan 1 bagian arang sekam (2:1:1). Kemudian aduk merata.
  • Siapkan wadah polybag atau pot. Bisa juga menggunakan wadah dari botol plastik bekas atau lainnya. Masukkan campuran media tanam tersebut kedalamnya. Media tanam yang baik sudah siap digunakan.

Sekadar catatan, ketiga bahan baku tersebut bisa juga dicampur dengan komposisi 1:1:1 atau 2:1:1. Hal yang terpenting adalah kesesuaian, mana yang terbaik bagi tanaman dan ketersediaan sumber daya. Mengenai hasil, beberapa penelitian menunjukkan hal yang berbeda. Dalam hal ini memang diperlukan usaha mencobanya secara try and error.

Media tanam yang baik sebagaimana disampaikan dalam artikel ini sangat berguna apabila kita ingin menanam sayuran dalam polybag atau pot. Metode seperti ini cocok diterapkan di lahan yang terbatas atau lahan sempit.

Semoga bermanfaat!

Saatnya menikmati masa panen dari sayuran yang ditanam pada polybag
Saatnya menikmati masa panen dari sayuran yang ditanam pada polybag

 

Diolah dari berbagai sumber.