Manfaat Jahe Merah Khusus untuk Wanita

39
Manfaat jahe merah
Manfaat jahe merah

Tanaman rimpang Jahe merah merupakan mudah ditanam di pekarangan rumah tanpa harus susah-susah memikirkan wadah tanamnya, Manfaat jahe merah sangat penting loh, apalagi buat wanta. Jahe merah penting untuk menjadi salah satu tanaman yang ada di halaman rumah ya, Kebuners. Selain enak dikonsumsi, manfaat jahe merah sangat baik untuk kesehatan, khususnya bagi para wanita.

Tanaman yang dikenal dengan nama latin Zingiber officinale Roxb ini diketahui mengandung banyak senyawa yang bermanfaat seperti shogaol, gingerol, zingeron, dan sebagainya. Berbagai bahan aktif alami ini bahkan secara khusus bisa bermanfaat dan menunjang kita saat berpuasa.

Hal itu karena manfaat jahe merah akan lebih baik (khususnya untuk wanita) bila dikonsumsi pada saat sahur atau dalam keadaan perut kosong. Jahe merah cocok dikonsumsi sebagai minuman teh.

Berikut ini manfaat jahe merah untuk wanita?

  1. Anti aging alami

Siapa yang tak peduli dengan kulit sehat, cantik, dan terlihat lebih muda? Manfaat jahe merah untuk wanita yang lain bisa sebagai anti aging alami.

Kandungan antioksidannya membantu menjaga kulit tampak lebih cantik dan sehat. Ini diketahui juga bisa menangkal radikal bebas yang bisa mempercepat kerusakan kolagen dan kulit. Kandungannya rupanya bisa membantu meningkatkan elastisitas dan kehalusan kulit.

2. Pereda sakit sebelum menstruasi

Mengkonsumsi jahe merah akan sangat membantu kaum wanita. Mendekati hari menstruasi tak jarang banyak wanita yang mengalami sakit di bagian perut hingga menimbulkan rasa kram. Nah, dengan konsumsi teh atau resbusan jahe nyatanya bisa membantu meredakan sakit yang dirasakan.

Tak mengherankan jahe merah sering dipilih sebagai salah satu alternatif herbal alami terbaik untuk mengobati sakit menjelang menstruasi, sekaligus anti inflamasi terbaik bagi tubuh.

3. Memperkuat kekebalan tubuh

Saat berpuasa, menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi hal yang penting agar kita tetap bisa fit. Menjalankan ibadah dan aktivitas pun jadi maksimal.

Dengan mengonsumsi jahe secara teratur diketahui bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita, lho.

Ekstrak jahe merah yang diseduh atau dibuat teh bisa mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh akan jauh lebih kuat selama bulan Ramadhan.

3. Meningkatkan kesuburan

Bagi wanita kesuburan menjadi hal yang penting karena berkaitan erat dengan reproduksi. Tahukah Parents bahwa salah satu manfaat jahe merah ini bisa meningkatkan kesuburanan?

Herbal satu ini memiliki kandungan L-arginine yang memiliki fungsi untuk kelancaran sirkulasi darah kita di dalam tubuh. Secara tak lansung, bisa membantu pasokan oksigen ke rahim dan ovarium sebagai tempat sel telur diproduksi.

Bila mekanisme ini berjalan lancar, kemungkinan pembuahan juga akan lebih tinggi.

4. Mengurangi kolesterol jahat

Berpuasa diketahui bisa membantu menurunkan kolesterol jahat. Namun, bila berpuasa ini dibarengi dengan kebiasaan rutin mengonsumsi jahe merah rupanya bisa memaksimalnya.

Studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kurang lebih 3 gram jahe merah setiap hari bisa mengalami penurunan trigliserida dan kolesterol jahat lebih tinggi, dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.
manfaat jahe merah untuk wanita

5. Mencegah kanker

Karena kandungan antioksidannya, pertumbuhan sel kanker pun bisa dicegah dengan mengonsumsi jahe merah secara teratur. Memang, banyak faktor yang bisa memengaruhi prevalensi kanker.

Namun, mengonsumsi pangan dengan antioksidan tinggi, diketahui menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan.

7. Mencegah inflamasi usus

Menjaga pencernaan saat berpuasa menjadi suatu hal yang penting. Mengonsumsi jahe bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan karena berbagai komponen zat aktifnya bisa bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Komponen aktif zingeron pada jahe merah dapat menghambat enzim yang memicu radang pencernaan.

Menanam jahe merah dengan wadah karung bekas.
Menanam jahe merah dengan wadah karung bekas.

Manfaat jahe merah luar biasa kan? halaan rumah yang sempit tetap bisa menampung tanaman ini loh, Kebuners.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here