Makan Buah Sukun Ternyata Bagus untuk Otak

22
Manfaat Mengkonsumsi Buah Sukun
Manfaat Mengkonsumsi Buah Sukun

Buah sukun dikenal juga dengan nama breadfruit karena salah satu manfaatnya yang membuat periode kenyang lebih lama. Seperti yang dikutip dari NPR, sukun merupakan sumber makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, rendah lemak serta memiliki kandungan potasium yang setara 10 kali buah pisang.

Selain itu juga, buah yang sudah akrab dengan kita ini mengandung vitamin C dan B, kalsium, kalium dan mineral lainnya. Penelitian menemukan kandungan asam amino esensialnya melebihi kedelai.

Nah, kebuners, apakah anda salah satu penikmat cemilan dari olahan sukun? tanpa disadari mungkin anda belum tahu tentang manfaat apa saja yang anda dapatkan saat menikmati sajian sukun, tentu saja selain kenikmatan khasnya.

Berikut ini, beberapa manfaat buah suku.

Manfaat Mengkonsumsi Buah Sukun yang Jarang Diketahui

1. Kaya serat sehingga mengurangi resiko diabetes
Buah sukun sangat bemanfaat bagi para pengidap diabetes karena kandungan seratnya dapat mengurangi penyerapan gula oleh tubuh. Menurut penelitian menunjukan bahwa bila kita mengkonsumsi buah ini secara rutin dapat mengurangi resiko diabetes dan kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

2. Kenyang lebih lama
Sukun sering dijadikan makanan pengganti nasi pada saat seseorang menjalani diet karena buah sukun memberikan rasa kenyang yang tahan lama tanpa meningkatkan asupan kalori. Sehingga seseorang akan merasa aktif dan energik saat mengkonsumsinya.

Dikutip Dr. Mercola’s Food Facts 220 gram sukun mengandung 59,7 gram karbohidrat yang setara dengan 20% kebutuhan karbohidrat sehari, 10,8 gram serat yang memenuhi 43% kebutuhan serat sehari, serta 2,4 gram protein.

Nah, anda yang melakukan diet sehat, perlu memilih sukun sebagai salah satu menu. Untuk orang yang menderita obesitas, buah sukun merupakan pilihan yang tepat dikarenakan mempunyai jumlah serat yang tinggi dan lebih sedikit kalori sangat ideal untuk dimasukkan ke dalam daftar menu diet Anda.

3. Sumber omega 6 dan omega 3
Menurut para ahli, mengkonsumsi sukun dapat membantu pertumbuhan anak yang sedang berada pada masa tumbuh-kembang. Selain itu dapat membantu pertumbuhan otak besar mereka karena buah sukun mengandung asam lemak omega 3. Ditambah lagi adanya sepasang asam lemak esensial yang juga baik untuk kesehatan jantung.

4. Sumber Antioksidan
Mengkonsumsi sukun secara teratur akan membuat kulit sehat baik luar maupun dalam. Menurut penelitian terbaru, ditemukan antioksidan dalam buah sukun yang baik untuk mencegah terjadinya infeksi kulit. Dengan memakan buah sukun secara wajar seseorang akan mendapatkan kulit yang halus dan bersinar.

5. Obat susah buang air besar
Kadar serat yang tinggi pada buah sukun dapat berperan dalam melancarkan buang air besar dengan cara rutin mengkonsumsinya. Selain itu juga dapat mengeluarkan racun dari usus.

6. Bagus untuk kecantikan
Adanya kandungan omega 3 dan omega 6 dalam buah sukun sangat bagus untuk kecantikan kulit. Selain itu juga buah sukun juga kaya dengan kandungan vitamin C yang bagus untuk kesehatan kulit.

7. Sumber vitamin dan mineral untuk rambut
Adanya kandungan asam lemak omega 6 pada sukun sangat bermanfaat bagi kesehatan folikel rambut. Hasil yang didapatkan rambut tidak mudah rontok, sehat dan menguatkan akar rambut serta mencegah kebotakan. Selain itu buah sukun mampu mengusir timbulnya ketombe pada rambut.

Pohon Sukun yang Genjah dan berbuah lebat
Pohon Sukun yang Genjah dan berbuah lebat

Ayo konsumsi buah sukun. Nah, selamat bagi pembaca yang sudah menjadikan sukun sebagai camilan favorit. Semoga bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here