Bunga pepaya jantan yang sebenarnya cantik dan juga nikmat jika diolah menjadi sayur. tetapi menanam pohon pepaya biasanya mengharapkan buah.
Bunga pepaya jantan yang sebenarnya cantik dan juga nikmat jika diolah menjadi sayur. tetapi menanam pohon pepaya biasanya mengharapkan buah.

Kebuners.com – Menanam pohon pepaya tentulah berharap bisa panen buahnya, tapi apa daya jika yang tumbuh ternyata pepaya jantan. Pepaya jantan tak menghasilkan buah tetapi hanya bunga pepaya jantan. Walaupun bunga pepaya juga nikmat diolah menjadi sayur.

Memang menanam pepaya tidaklah membawa kerugian, daun pepaya sangat bermanfaat untuk kesehatan, tapi tentu saja kita mengharapkan buah darinya. Lalu bagaimana cara pembuahan pepaya jika ternyata pepaya yang kita tanama ternyata berbunga jantan?

Buah pepaya yang kaya akan kandungan vitamin A ini cukup mudah dibuahkan walaupun berbunga jantan, Buah tropis asal meksiko yang juga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin E, vitamin K dan likopen, kalsium, kalium, folat, magnesium, asam pantotenat, alpha dan betakaroten, serta lutein dan zeaxanthan.

Bagaimana Cara Agar Pepaya Jantan Bisa Berbuah?

Trik membuahkan pepaya jantan ini sangatlah mudah. beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu sebagai berikut:

  • Tanam bibit papaya dan tunggu beberapa bulan sehingga batang bagian bawah berdiameter sekitar 2-3 cm atau sekitar ibu jari kaki, tanaman papaya belum berbunga.
  • Siapkan pisau dapur yang ujungnya runcing dan tajam juga bersih.
  • Lalu tusukkan ujung pisau tersebut pada bagian pangkal pohon papaya (dekat dengan tanah) dengan dua kali tusukkan tembus bersilang.
Trik membuahkan pepaya jantan dengan menusukkan pisau ke bagian batang/pangkat yang dekat dengan permukaan tanah. Trik ini sesuai dengan pengalaman petani pepaya, walaupun belum ada penjelasan ilmiah tentang hal ini.
Trik membuahkan pepaya jantan dengan menusukkan pisau ke bagian batang/pangkat yang dekat dengan permukaan tanah. Trik ini sesuai dengan pengalaman petani pepaya, walaupun belum ada penjelasan ilmiah tentang hal ini. (Sumber gambar: usahahobi.blogspot.com)

Selain menggunakan pisau, bisa juga mencoba menggunakan batang kayu yang sudah dibersihkan, atau menggunakan batang bambu yang sudah dikerut dan berbentuk bundar (seperti tongkat).

Cobalah laukan trial and error untuk memperdalam pemahaman. Trik diatas sesuai dengan pengalaman petani pepaya yang telah berpengalaman. Walaupun belum ada penjelasan ilmiah bagaimana trik ini berhasil menjadikan pepaya yang awalnya berbunga jantan dapat berbuah layaknya pepaya betina.

Foto trik membuahkan pepaya berbunga jantan ini diposting oleh salah satu member di grup TIB.
Foto trik membuahkan pepaya berbunga jantan ini diposting oleh salah satu member di grup TIB.

Buat pembaca kebuners yang memiliki pepaya berbunga jantan, silahkan praktekkan trik ini, walaupun rekomendasinya memang pada pepaya yang belum berbunga ya.

Jangan lupa share pengalaman kamu hasil dari percobaan dari trik ini.