Supernasa sebagai pupuk organik padat untuk memperbaiki kondis tanah yang rusak memiliki berbagai fungsi yang membantu meningkatkan kualitas atau kesuburan lahan pertanian atau media tanam
Supernasa sebagai pupuk organik padat untuk memperbaiki kondis tanah yang rusak memiliki berbagai fungsi yang membantu meningkatkan kualitas atau kesuburan lahan pertanian atau media tanam

Agen Pupuk NasaSupernasa merupakan pupuk organik padat yang diproduksi oleh PT Natural Nusantara (Nasa). Kesuburan tanah atau media tanam menjadi faktor utama dalam kegiatan pertanian.

Tanah yang subur tentunya memiliki kandungan hara makro dan mikro yang baik, serta menunjang perkembangan mikroba dalam tanah tang membantu menggemburkan tanah atau media tanam.

Kebutuhan pupuk organik di lahan pertanian atau media tanam sangatlah penting, namun bukan berarti menafikan peran penggunaan pupuk kimia (dalam hal ini pupuk an-organik). Penggunaan dalam jumlah yang tepat sebenarnya diperlukan dalam kegiatan budidaya tanaman.

Di Indonesia, terutama pada kurun 10 tahun terakhir pupuk kimia menjadi salah satu persoalan. Hal ini tidak lepas dari karakteristik pola penggunaan pupuk kimia di lapangan, yaitu:

  • Dosis pupuk kimia yang digunakan cenderung berlebihan.
  • Penggunaan tanpa di imbangi dengan pupuk organik.
  • Relatif telah berlangsung cukup lama (lebih dari 35 tahun)

Karakteristik pemakaian tersebut meninggalkan sisa (residu) pupuk kimia. Semakin lama sisa pupuk kimia tersebut semakin menumpuk di lahan pertanian atau tanah yang digunakan sebagai media tanam. Sifat pupuk kimia yaitu sulit terdegradasi/terurai dalam tanah serta tidak dapat dimanfaatkan oleh tanaman.

Hal tersebut akan menjadikan tanah-tanah pertanian semakin keras. Pada tanah-tanah pertanian yang keras akan menyebabkan akar sulit menyerap pupuk yang diberikan (efisiensi penyerapan rendah) karena kurangnya rongga-rongga atau porositas.

Cara mudah untuk mengembalikan kualitas kesuburan tanah adalah menggunakan SUPERNASA di lahan pertanian.
Cara mudah untuk mengembalikan kualitas kesuburan tanah adalah menggunakan SUPERNASA di lahan pertanian.

Fungsi Utama SUPERNASA

MEMPERBAIKI LAHAN-LAHAN YANG RUSAK

  • Meningkatkan kesuburan fisik : Memperbaiki tanah yang keras berangsur-angsur menjadi gembur.
  • Meningkatkan kesuburan khemis : Memberikan semua jenis unsur makro dan unsur mikro lengkap bagi tanaman.
  • Meningkatkan kesuburan biologis : Membantu perkembangan mikro organisme tanah yang bermanfaat bagi tanaman.
     

Fungsi Lain Si Penyubur Tanah

  1. Memperbaiki tanah yang rusak akibat pemakaian pupuk kimia terus menerus.
  2. Mengemburkan & menyuburkan tanah yang keras.
  3. Mengurangi ketergantungan pupuk kimia 25% – 50%.
  4. Mampu melarutkan sisa pupuk kimia dalam tanah agar bisa diserap tanaman.
  5. Mempercepat pertumbuhan, pembungaan, pembuahan dan mengurangi kerontokan bunga/buah.
  6. Meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi tanaman.
  7. Merangsang pertumbuhan Akar serabut sebagai penyerap pupuk yg kita berikan.

 

Petunjuk penggunaan pupuk organik padat SUPERNASA pada berbagai komoditas budidaya
Petunjuk penggunaan pupuk organik padat SUPERNASA pada berbagai komoditas budidaya

Cara Menggunakan SUPERNASA

Ada dua cara aplikasi pupuk oraganik Supernasa :

1. Satu botol SUPERNASA diencerkan dalam 3 liter air untuk dijadikan larutan induk. Kemudian setiap 50 liter air diberi 200 cc (1gelas) larutan induk Supernasa untuk disiramkan/dikocorkan pada tanah/bedengan/media tanam (untuk pot atau polybag). 1 liter sama dengan 1000 cc.

Sebaiknya sebelum diaplikasikan, larutan induk didiamkan semalaman, Penggunaan Pop SUPERNASA mampu mengurangi pemakaian NPK hingga 50 %.

2. Setiap satu gembor / ember volume 10 liter air diberi 1 peres sendok makan SUPERNASA, lalu diaduk merata untuk menyiram 5 – 10 meter bedengan.

Tidak dianjurkan penggunaan Supernasa dengan cara disemprotkan karena konsentrasi unsur hara makro cukup tinggi sehingga jika disemprotkan dengan konsentrasi yang terlalu pekat bisa merusak daun