Manfaat pepaya sangat baik untuk menjaga kesehatan, mengkunsumsi buah ini secara rutin sangatah baik
Manfaat pepaya sangat baik untuk menjaga kesehatan, mengkunsumsi buah ini secara rutin sangatah baik

Kebuners.comManfaat pepaya untuk membantu memperlancar pencernaan sudah sangat dikenal di masyarakat, namun manfaat buah tropis ini bukan hanya itu. Pohon pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, hampir segala bagiannya dimanfaatkan untuk pengobatan, seperti daun, buah, biji, dan getanya.

Kenapa pepaya terkenal dapat memperlancar pencernaan? Hal ini karena pepaya kaya akan air dan serat yang mencegah sembelit. kandungan enzim papain yang terkandung dalam pepaya juga berperan dalam proses pencernaan sebagai pelumat daging.

Bahkan enzim papain telah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas dagang.

Kandungan Nutrisi Pepaya

Sebagaimana dikutip dari situs alodokter.com buah pepaya juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin A, vitamin E, vitamin K dan likopen, kalsium, kalium, folat, magnesium, asam pantotenat, alpha dan betakaroten, serta lutein dan zeaxanthan. Semua nutrisi tersebut ada di dalam pepaya.

Kandungan nutrisi pepaya di atas menjadikannya sebagai buah yang perlu dikonsumsi secara rutin guna mendapatkan manfaat pepaya. lalu apa saja manfaat buah yang nikmat ini?

Berbagai Manfaat Pepaya

Sebagian orang mungkin mengenal pepaya sebagai buah yang dapat memperlancar pencernaan. Berikut ini adalah ragam manfaat pepaya bagi kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui:

Pepaya kaya akan manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. manfaat pepaya yang populer adalah mengatasi sembelit
Pepaya kaya akan manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. manfaat pepaya yang populer adalah mengatasi sembelit

Mengurangi resiko kanker

Dalam buah pepaya terkandung antioksidan betakaroten yang baik untuk mengurangi resiko beberapa jenis kanker. Misalnya di kalangan pria, mengonsumsi betakaroten diduga dapat menurunkan resiko terkena kanker prostat.

Menyehatkan mata

Kandungan betakaroten pada pepaya baik juga untuk mata. Selain itu kandungan antioksidan zeaxanthin-nya dapat menangkal bahaya yang ditimbulkan dari masalah degenerasi makula, serta menyaring bahaya sinar biru yang dapat membahayakan mata.

Menyehatkan rambut

Kandungan vitamin A yang terdapat di dalam pepaya dapat memicu produksi sebum yang berfungsi memberikan kelembapan pada rambut sekaligus membuat rambut tumbuh subur.

Menyembuhkan luka pada kulit

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan papain dan enzim proteolitik kimopapain pada pepaya dapat mencegah infeksi pada luka bakar serta membantu penyembuhan luka. Untuk mengatasi masalah kulit seperti luka akibat berbaring terlalu lama (decubitus ulcers), Anda bisa menggunakan salep yang mengandung enzim papain.

Menyembuhkan peradangan

Kandungan kolin dalam pepaya mampu meredakan peradangan kronis. Selain itu, kandungan kolin membantu menjaga struktur membran sel, membantu penyerapan lemak, terlibat dalam pengiriman rangsang saraf, berpengaruh dalam pergerakan otot, menjaga daya ingat dan kemampuan belajar.

Kesehatan tulang

Manfaat Pepaya dapat menjaga kesehatan tulang. Pepaya mengandung vitamin K yang sangat dibutuhkan tubuh. Dengan vitamin K yang cukup, pembuangan kalsium berkurang dan penyerapan kalsium akan meningkat.

Mengurangi resiko asma

Pepaya mengandung betakaroten yang dibutuhkan tubuh untuk mengurangi resiko timbulnya penyakit asma.

Kesehatan jantung

Manfaat pepaya pun dapat menjaga kesehatan jantung. Guna mengurangi resiko penyakit jantung seperti kardiovaskular, diperlukan asupan yang rendah garam dan tinggi kalium. Pepaya yang mengandung kalium, vitamin, dan serat bisa menjadi salah satu makanan yang membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

Manfaat pepaya bagi penderita diabetes

Reaksi yang ditimbulkan serat pepaya pada penderita diabetes bisa berbeda. Pada penderita diabetes tipe 2, pepaya diduga dapat meningkatkan insulin, gula darah, dan lipid. Sedangkan pada penderita diabetes tipe 1, pepaya justru dapat menurunkan gula darah.

 

Sudah saatnya mulai mengkonsumsi pepaya secara rutin guna mendapatkan manfaat pepaya yang banyak. Jika anda senang berkebun, manfaatkan lahan di pekarangan rumah untuk menanam pepaya.

Menanam pepaya di dalam pot (sumber gambar: ayoberkebun-hervin.blogspot.com)
Menanam pepaya di dalam pot (sumber gambar: ayoberkebun-hervin.blogspot.com)

Menanam pepaya sangatlah mudah karena dapat menggunakan wadah pot. cara menanam pepaya di pot akan diupdate pada postingan lainnya.