Tanaman yang Mengundang Kupu Kupu Ukuran Sedang

Kupu-kupu yang saya masukkan ke dalam grup ini adalah Kupu-kupu yang berukuran sedang yang memiliki bentang sayap antara 3.5 – 5 cm, misalnya Kupu-kupu Buckeye dan Nymphalidae lainnya.

3. Bunga Lanting Landa (Lantana camara, Lantana hybrid)

Bunga lanting landa yang umumnya tumbuh di alam liar juga efektif mengundang kupu-kupu
Bunga lanting landa yang umumnya tumbuh di alam liar juga efektif mengundang kupu-kupu

Bunga yang aslinya tumbuh umum di alam liar ini, selain karena warnanya yang sumringah juga sangat efektif mengundang kedatangan kupu-kupu jika kita tanam di halaman rumah kita. Kupu-kupu yang menyukai tanaman ini adalah dari jenis Nymphalidae, misalnya Hypolimnas yang berukuran sedang berwarna hitam dengan empat bintik putih atau biru menyerupai vahaya lampu neon, atau yang tepi sayapnya mirip renda. Jenis kupu-kupu ini kebetulan sangat jinak dan mempunyai hobi membentangkan sayapnya yang indah untuk kita tonton. Jadi sangat mudah untuk mengambil gambarnya.

4. Pohon Jeruk Nipis, Jeruk Limau dan Jenis Jeruk lainnya

Menanam pohon jeruk di halaman rumah, sangat memudahkan kita untuk mengundang kupu-kupu jeruk (Lime Butterfly) datang ke rumah. Kupu-kupu ini datang khususnya untuk meletakkan telurnya di balik daun jeruk.

Namun setidaknya kita akan bisa menikmati attraksinya yang menawan saat beterbangan rendah dan lambat di sekitar phon jeruk. Warna Kupu-kupu jeruk ini umumnya adalah bervariasi dari Broken White, Putih kekuningan, putih kehijauan, krem kecoklatan hingga coklat muda. Semuanya dengan garis & bintik hitam yang menawan.

5. Bunga Kenop (Gomphrena globosa)

Bunga Kenop atau sering juga disebut bunga ratna, mengundang kupu-kupu ukuran sedang
Bunga Kenop atau sering juga disebut bunga ratna, mengundang kupu-kupu ukuran sedang

Bunga Ratna yang berbentuk pentol berwarna lembayung juga merupakan bunga yang rajin dikunjungi berbagai kupu-kupu dari ukuran sedang dan kecil, misalnya kupu kupu Buckeye, kupu kupu kecil kuning dan putih.

6. Bunga Kertas (Zinnia)

Bunga Zinnia yang cerah dan berwarna warni sangat disukai berbagai jenis kupu-kupu ukuran sedang, mulai dari jenis kupu-kupu garis hijau, kupu kupu garis biru serta jenis Nymphalidae lainnya.

9. Bunga Pelung (Thunbergia grandifloris)

Bunga pelung cukup mudah ditemukan, utamanya di daerah pedesaan
Bunga pelung cukup mudah ditemukan, utamanya di daerah pedesaan

Bunga ini sangat umum di Bali, namun jarang saya temukan di daerah lain di Indonesia. Warnanya biru tua, dengan sedkit warna kuning di tengahnya. Bunga ini disukai oleh kupu-kupu jenis Nymphalidae yang berukuran sedang, termasuk di dalamnya adalah kupu-kupu Buckeye baik yang berwarna biru, ungu maupun coklat.