Menanam bunga asoka di taman atau halaman rumah dapat mengundang kupu-kupu yang cantik.
Menanam bunga asoka di taman atau halaman rumah dapat mengundang kupu-kupu yang cantik.

Kebuners.com – Keindahan tanaman bukan hanya soal tanaman itu sendiri, tentang kesuburan, mekarnya bunga, eksotika daunnya atau rupa bentuknya. Keindahannya juga dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti fungsinya mengundang kupu-kupu yang bersimbiosis mutualisme.

Tanaman bunga dapat mengundang kupu-kupu karena sumber makanan, lalu kupu-kupu membantu penyerbukan tanaman bunga. Betapa indahnya keselarasan alam seperti itu, keindahan yang kita nikmati pun plus, selain memandang bunya subur bermekaran, kita juga dapat menikmati kupu-kupu yang senang terbang kemari dan kesana.

Kupu-kupu bisa kita undang untuk datang dan menetap di halaman rumah, ada beberapa bunga yang perlu ditanam untuk mengundang kupu-kupu berbagai jenis. Berikut ini ulasannya:

Mengundang Kupu-Kupu Ukuran Besar

Kupu-kupu yang termasuk dalam grup ini adalah Kupu-kupu berukuran besar yang memilki bentang sayap antara antara 5 – 8 cm, misalnya Kupu-Kupu Hitam (Great mormon), Kupu-kupu Delias besar dsb

1. Bunga Pagoda (Clerodendron paniculata)

Tanaman pagoda dapat mengundang kupu-kupu berukuran besar maupun sedang
Tanaman pagoda dapat mengundang kupu-kupu berukuran besar maupun sedang

Bunga Pagoda atau umum juga disebut dengan bunga Senggugu atau Tumbak Raja, memiliki warna merah cerah yang sangat menarik perhatian. Bunganya banyak terdiri atas bunga kecil-kecil yang bersusun dan betumpuk menyusun bentuk Pagoda atau Stupa. Tanaman ini mudah mengundang kupu-kupu jenis besar hingga sedang, antara lain dari jenis Papilio memnon (Great Mormon/kupu-kupu besar hitam), Kupu-kupu Delias (kupu –kupu ukuran sedang dengan warna belang putih, hitam, kuning dan merah), Kupu-Kupu Catopsilia yang berwarna kuning (Kupu kuning ukuran sedang).

2. Bunga Jarak Hias (Jatropha integerrima)

Tanaman jarak hias yang indah, perlu dita
Tanaman jarak hias yang indah, perlu dita

Bunga yang berwarna merah dan rapi ini, mudah ditemukan di tukang tanaman, namun banyak yang merupakan hasil sambungan dengan batang pohon jarak pagar biasa. Tanaman ini agak bergetah, namun sangat efektif untuk mengundang kehadiran kupu-kupu besar.

Antara lain dari jenis Papilio memnon (Great Mormon), Kupu-kupu jeruk (Papilio demoleus), Kupu-kupu bintik hijau (Graphium Agamemnon), Kupu-kupu garis biru (Graphium sarpedon), Kupu-kupu Hypanis coklat (Euploea camaralzeman hypanis). Kupu-kupu yang datang mengunjungi bunga ini umumnya memiliki kecepatan kepak sayap yang tinggi, sehingga susah diikuti dengan mata telanjang.