Coba tebak tanaman air ini, Bunga lotus atau bunga teratai???
Coba tebak tanaman air ini, Bunga lotus atau bunga teratai???

Kebuners.com – Kendati sama-sama tergolong sebagai tanaman hias yang hidup di air atau tanaman air, bunga lotus dan bunga teratai kadang sulit dibedakan oleh banyak orang. Padahal banyak perbedaan diantara dua tanaman air ini.

Sebagaimana dikutip dari wikipedia, bunga lotus memiliki nama ilmiah Nelumbo nucifera nama ilmiah lainnya adalah Nelumbium nelumbo, Nelumbo speciosa, Nelumbium speciosum. Di Indonesia sendiri dikenal dengan nama bunga seroja.

Sedangkan bunga Teratai memiliki nama latin Nymphae, dan dikenal juga dengan nama Water Lily.

Bunga teratai mengapung di air.
Bunga teratai mengapung di air.

Selain itu, secara kasat mata kedua tanaman ini bisa dibedakan dari keberadaan bunga dan daunnya. Bunga dan daun lotus umumnya berada di atas permukaan air atau tidak mengambangsebagaimana pada bunga teratai.

Perbedaan lain dari kedua tanaman air ini adalah bentuk kelopak bunganya. Pada bunga lotus, kelopak bunganya lebih lebar dan cenderung tak beraturan. Sedangkan pada bunga teratai, kelopaknya teratur dengan bentuk yang lancip.

Info tambahan: Lotus punya biji. Inilah yang membedakannya dengan bunga teratai. Dalam keadan yang menguntungkan bijinya bisa hidup bertahun-tahun. Tercatat ada biji-biji Lotus yang bisa tumbuh meski umurnya sudah 1300 tahun, biji-biji ini ditemukan di dasar danau kering di timur laut Cina!

Aneka rupa bunga lotus dalam berbagai warna
Aneka rupa bunga lotus dalam berbagai warna

Lotus tumbuh di lumpur, dasar kolam atau rawa-rawa kemudian batangnya tumbuh tinggi ke atas. Daunnya juga tumbuh ke atas, tidak seperti teratai yang daunnya ada di permukaan air.

Bunga lotus adalah bunga nasional negara India dan Vietnam. Bunga lotus memiliki makna yang dalam. Di negara ini menyebutkan bahwa Bunga lotus memiliki makna kelahiran kembali dan pencerahan spiritual, mewakili kesucian, umur panjang, kehormatan, kesehatan dan keberuntungan.

Kedua tanaman air ini memiliki mitos yang begitu kuat. Bahkan dianggap sebagai bunga sakral bagi kalangan pemeluk agama Buddha dan Hindu. Yang mana kedua bunga ini menggambarkan alur kehidupan manusia, agar menjadi sosok pribadi yang lebih baik. Kita akan bahas nanti.