Jangan ragu menempatkan spider plant di rumah untuk bersihkan udara di dalam ruangan.
Jangan ragu menempatkan spider plant di rumah untuk bersihkan udara di dalam ruangan.

Kebuners.com – Kualitas udara dalam ruangan yang dihirup ditentukan oleh tingkat keberadaan toksik-toksik, untuk bersihkan udara di dalam ruangan, solusinya adalah Spider Plant.

Dapat dikatakan bahwa semua tempat tinggal pasti memiliki unsur polutan di dalamnya, guna menunjang kehidupan yang sehat, maka kita membutuhkan Spider Plant yang dikatakan dapat menghilangkan sebanyak 268 mikrogram Xylene per jam dan 560 mikrogram Formaldehyde per jam.

Sebagaimana dikutip dari situs greeners.com bahwa, formaldehyde dilepaskan oleh barang-barang yang sangat mudah ditemukan dalam sebuah rumah. Misalnya dari furniture, karpet sintetis, kayu olahan yang biasa digunakan sebagai pembuat rak buku dan meja, tirai dan bahkan dalam pewangi ruangan.

Baca juga: Info Penting seputar tanaman Spider Plant

Ketika formaldehyde berada pada level di atas 0,1 juta per bagian dalam udara, maka unsur kimia ini dapat menyebabkan gejala yang bervariasi, seperti mata, hidung dan tenggorokan yang terasa seperti terbakar, mual, batuk, hingga gatal-gatal pada kulit. Sementara xylene, benzene dan CO pun dapat menyebabkan gejala-gejala serupa.

spider plant untuk bersihkan udara di dalam ruangan
spider plant untuk bersihkan udara di dalam ruangan

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Environmental Protection Agency (EPA) di Amerika Serikat, sebuah ruangan yang berukuran 800 kubik (10 kaki x10 kaki x 8 kaki), tingkat polusinya kira-kira mencapai 1.808 mikrogram Formaldehyde, 112 mikrogram xylene dan 67 mikrogram benzene.

Selain itu, penelitian NASA menyebutkan bahwa jika Spider Plant diletakkan di dalam ruangan tertutup selama 24 jam, kemudian diisi oleh 120 ppm CO dan 50 ppm nitrogen oksida (NO2), maka tanaman ini akan menghilangkan 96 % CO dan 99 % NO2. Yap, tanaman spider plant dapat bersihkan udara di dalam ruangan.

The Foliage for Clean Air Council menyarankan penggunaan tanaman yang memiliki banyak daun untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Katanya, hadirkan minimal dua tanaman dalam ruangan yang berukuran 30,48 m². Itu merupakan jumlah tanaman yang efektif untuk menyerap unsur-unsur polutan dalam udara.

Namun yang perlu diingat, angka-angka keberhasilan tanaman ini untuk menyerap unsur polutan sangat bervariasi, tergantung pada ukuran tanaman, temperatur, seberapa terkontaminasinya udara di dalam ruangan dan hal-hal lain.

Mari upayakan hidup sehat di rumah dengan udara yang bersih. Ada beberapa tanaman yang dapat mengatasi kontaminasi polutan di dalam rumah, salah satunya adalah spider plant, selain sebagai tanaman yang sangat pas ditempatkan di dalam ruangan, fungsinya juga sangat penting untuk bersihkan udara di dalam ruangan.

Jadi anda perlu miliki tanaman eksotik ini.

 

Sumber: greeners.com