Dalam kebiagatn berkebun pun dibutuhkan kayu manis, manfaat kayu manis yakni untuk mengusir semut, mengatasi jamur pada media tanam dan membantu proses stek tanaman
Dalam kebiagatn berkebun pun dibutuhkan kayu manis, manfaat kayu manis yakni untuk mengusir semut, mengatasi jamur pada media tanam dan membantu proses stek tanaman

Kebuners.com – kayu manis tentu sudah populer bagi kita sebagai rempah dapur, apalagi bumbu makanan ini dianggap sebagai yang tertua yang digunakan manusia. Manfaat kayu manis sangat banyak baik untuk kesehatan, pengobatan, kecantikan, bahkan untuk kegiatan berkebun.

Dalam urusan berkebun, kayu manis dimanfaatkan sebagai pengusir hama, khususnya semaut. Semut sangat menjengkelkan dan sering membawa bibit penyakit atau hama lain ke pucuk tanaman, umumnya pada cabe.

Untuk mengatasi masalah semut, manfaat kayu manis sangat cocok. Ulasan berikutnya menjelaskan bagaimana mendapatkan manfaat kayu manis.

Manfaat Kayu manis Mengusir Hama

Jika Anda menemukan banyak semut yang mengganggu di dalam rumah atau lokasi kebun/tanaman, makan kita dapat memanfaatkan kayu manis untuk mengusir semut. Semut tidak suka dengan serbuk kayu manis.

Aplikasinya: Periksa jalur semut lalu taburkan kayumanis di sekitar jalur itu. Gunakan serbuk kayu manis di bagian dalam dan bagian luar rumah.

Kayu manis tidak akan membunuh semut melainkan hanya mencegah masuknya semut ke dalam rumah ataupun area tanaman, seperti pot atau pun polybag.

Manfaat Kayu Manis dapat Mengendalikan Jamur

Pada saat penyemaian, kondisi yang lembap menyebabkan tanaman akan mudah terserang jamur. Kayu manis dapat membasmi hama jamur dan membantu proses penyemaian terbebas dari penyakit.

Caranya: campurkan bubuk kayu manis dengan air hangat hingga merata, biarkan semalaman.

Saring campuran tersebut lalu ambil cairannya untuk disemprotkan pada batang dan daun tanaman yang terkena jamur, semprotkan juga pada tanah atau media tanam yang memiliki masalah jamur.

Manfaat Kayu Manis untuk Membantu Proses Stek Tanaman

Penyetekan tanaman biasanya dibantu oleh bawang merah yang telah dikenal secara umum dapat merangsang pertumbuhan akan tanaman. Kayu manis pun dapat dimanfaatkan pada proses penyetekan tanaman.

Tehnik pengunaan kayu manis pada proses stek yaitu dengan menambahkan serbuk kayu manis pada potongan batang tersebut. Caranya: taburkan sesendok serbuk kayumanis di atas kertas tisu lalu bungkuskan pada batang pohon yang dipotong tadi.

Tanam potongan batang di tanah atau media tanam. Kayumanis akan mempercepat pembentukan akar baru dan membantu melindungi tanaman Anda dari penyakit karena manfaat kayu manis yang dapat membasmi jamur.

 

Sumber: duniakebun