Mengkonsumsi makanan sehat bagi ibu hamil sangatlah penting, berbagai jenis sayuran merupakan sumber gizi dan nutrisi penting. Salah satunya adalah wortel
Mengkonsumsi makanan sehat bagi ibu hamil sangatlah penting, berbagai jenis sayuran merupakan sumber gizi dan nutrisi penting. Salah satunya adalah wortel

Kebuners.com – Bagi ibu hamil, mengkonsumsi aneka jenis makanan sehat merupakan satu tuntutan. Hal ini demi kesehatan dirinya dan bayi yang dikandungnya. Guna menunjang program makanan sehat ibu hamil, beberapa sayuran ini wajib dikonsumsi.

Sebagai sumber makanan sehat, pilihlah sayuran organik. Jika memungkinkan, ada baiknya untuk mulai merencanakan kegiatan berkebun di rumah, manfaatkan ruang kosong di halaman rumah untuk berkebun, tanam sayuran-sayuran yang direkomendasikan dan mudah, misalnya kangkung.

jadi, tak ada salahnya untuk memproduksi sendiri makanan sehat kita, apalagi selama kehamilan kegiatan berkebun akan sangat bermanfaat, hal tersebut karena berkebun merupakan kegiatan yang menyenangkan dan membahagiakan.

Sayuran yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil sebagai Makanan Sehat

1. Wortel

Selain dikenal sebagai sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan indra penglihatan (mata), terkandung juga beta karoten yang merupakan senyawa atau zat yang dapat memberikan warna pada wortel menjadi warna orange.

Betakaroten berfungsi sebagai antioksidan yang membantu tubuh dalam menjaga kekebalan tubuh.

Sebagai makanan sehat, wortel juga mengandung berbagai macam mineral yaitu:

  • Kalsium yang berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi.
  • Kalium yang mempunyai banyak manfaat mengontrol tekanan darah, membantu oksigen untuk sampai di otak, mencegah penyakit stroke dan penyakit tulang seperti osteoporosis
    Magnesium yang berguna untuk mengurangi nyeri punggung, mencegah sembelit hal ini bermanfaat bagi ibu hamil yang biasanya mengalami hal tersebut.
  • Magnesium dapat membantu pembentukkan kolagen untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang,sendi, otot, gigi dan kulit.

2. Kangkung

Kangkung ini sudah sangat akrab sekali dengan lidah kita, dalam hal berkebun pun kangkung sangat mudah ditumbuhkan. Sebagai salah satu makanan sehat bagi ibu hamil, kangkung memang memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Kangkung mengandung zat yang disebut zinc dan selenium. Kandungan ini merupakan unsur sedatif yang mana akan membuat syaraf menjadi leih rileks sehingga dapat menyebabkan rasa ngantuk. Jika dikonsumsi secara teratur, kangkung ini dapat mencegah kita dari insomnia.

Baca juga: Manfaat Kangkung bagi Ibu Hamil

3. Jagung

Meskipun jagung biasanya dikonsumsi dengan cara direbus atau dibakar. Tapi jagung juga sangat enak dikonsumsi dengan cara disayur. Jagung manis dapat dijadikan sayur, rasanya yang manis dan lezat ini tidak kalah dengan kandungan gizinya yang tinggi.

Jagung merupakan sumber protein nabati yang sangat baik untuk ibu hamil. Selain itu, jagung mempunyai kandungan vitamin B12 yang sangat bagus untuk meningkatkan darah dan menjaga kalium didalam tubuh. Pantas jika jagung menjasi salah satu pilihan makanan sehat.

4. Terong ungu

Terong ungu ini juga merupakan jenis sayuran yang tinggi dengan kandungan asam folatnya. Selain asam folat, terong ungu juga mengandung zat besi, kalori, vitamin B1, B2 dan juga vitamin C.

5. Daun singkong

Daun singkong merupakan salah satu makanan sehat yang penting dikonsumsi, daung singkong dapat meningkatkan kecerdasan janin/bayi dalam kandungan
Daun singkong merupakan salah satu makanan sehat yang penting dikonsumsi, daung singkong dapat meningkatkan kecerdasan janin/bayi dalam kandungan

Daun singkong merupakan sumber zat besi, jika mengkonsumsi daun singkong maka otomatis tubuh kita akan mendapatkan asupan zat besi. Ibu hamil yang rajin mengkonsumsinya dapat terhindar pula dari kekurangan darah atau anemia.

Selain itu, daun singkong juga diketahui menganding asam amino yang berfungsi untuk mencerdaskan otak bayi dalam kandungan.

6. Aneka Jenis Kacang-kacangan

Kacang kacangan ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jenis sayuran ini mengandung protein nabati yang cukup tinggi.

Dari berbagai jenis kacang, buncis merupakan pilihan yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kacang buncis ini mengandung kalsium dan olat yang cukup tinggi.

7. Kol dan kembang kol

Kol maupun kembang kol memang salah satu makanan sehat yang penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena kembang kol maupun kol itu sendiri mengandung asam folat yang sangat baik untuk ibu maupun janin.

Namun perlu berhati-hati jika mengkonsumsi kol mentah, pastikan dicuci sampai bersih agar tidak ada bakteri yang tertinggal.

8. Bayam

Bayam ini mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain mengandung vitamin dan mineral, bayam juga mengandung vitamin A, C dan K. Tidak hanya itu, sebagai salah satu makanan sehat bayam merupakan jenis sayuran yang tinggi kandungan asam folatnya.

Sebagaimana kandungan daun singkong, asam folat pada bayam sangat bermanfaat untuk perkembangan janin.

9. Sayur Brokoli

Sama dengan jenis sayur bayam, brokoli pun mengandung vitamin dan mineral yang tinggi. Selain mengandung dua zat tersebut, brokoli juga tinggi akan kandungan vitamin A, C dan vitamin K. Brokoli juga dikenal dengan kandungan asam folatnya yang tinggi.

Baca juga: Cara Memasak Brokoli

10. Daun katuk

Daun katuk ini terbukti sangat berkhasiat untuk melancarkan ASI. Selain itu, kandungan Kalsium sejumlah 2,8 % menjadikan tanaman ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis, khususnya pada perempuan. Karena perempuan cenderung lebih cepat terkena penyakit tulang belakang.

 

Sumber: dari berbagai sumber.