Kerumunan spider plant di sisi teras, tampil sangat eksotik
Kerumunan spider plant di sisi teras, tampil sangat eksotik

Kebuners.com – Nama spider plant mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta tanaman hias eksotik. Penampilannya menawan dengan daun panjang dan berumpun, warna daun hijau dengan strip kuning, cocok ditanam dalam pot gantung dan ditaruh di dalam ruangan.

Spider plant tidak membutuhkan sinar matahari langsung, sehingga penempatan didalam ruangan dengan bias cahaya matahari sudah cukup bagus.

Untuk merawat tanaman ini, sedikit ketelatenan dibutuhkan, karena tanaman special ini selain tidak butuh banyak sinar matahari, spider plant juga tidak suka dengan media tanam yang terlalu basah. Maka penanaman dengan arang sekam dengan pupuk kandang atau pupuk kompos adalah suatu usaha yang baik dalam merawat tanaman ini.

Selain sensitif pada kondisi media tanam yang terlalu basah atau genangan air dalam pot, tanaman eksotik yang sangat cocok ditaruh di dalam rumah ini cukup sensitif terhadap pupuk, yaa kelebihan dosis pupuk NPK akan menjadikan daunnya kering.

Hal-hal teknis yang perlu diperhatikan saat menanam dan merawat tanamaan spider plant ialah mengamati kondisi daun dari tanaman itu, jika daun muncul bintik-bintik hitam daunnya terlihat berubah berwarna kuning maka tanaman berdaun indah ini terlalu banyak air, dan jika tanaman spider plant kekurangan air makan daunnya akan merunduk.

Dalam kondisi paparan sinar matahari langsung atau kelebihan pemberian pupuk, jika tanaman ini  mengalami kondisi daun yang terbakar maka langsung petik daun yang terbakar tersebut, maka dengan begitu tanaman anda akan segera sehat kembali. Nah begitu tadi cara jitu menanam dan merawat tanaman spider plant yang benar.

Tanaman spider plant tergolong tanaman gantung yang bisa anda kembang biakan sendiri dan bisa anda tanam dengan pot yang anda gantung di tembok tanpa membutuhkan lahan yang luas.

Spider plant pada pot Gantung
Spider plant pada pot Gantung

Perbanyakan Tanaman

Tanaman ini disebut juga sebagai airplane plant, ia cukup mudah berkembang biak, saat batang tanaman ini menyentuh tanah, akar akan keluar. Saat itu batang ini dapat dipotong untuk menjadi tanaman baru. Setelah memindahkan sebagian tanaman ke dalam pot baru, sebaiknya Anda menunggu empat hingga enam bulan sebelum memberinya makanan.

Spider Plant dapat Membersihkan Udara

Jenis tanaman spider plant beragam. Ada jenis kecil dari tanaman ini yang lazim disebut Mandaianum. Panjang daunnya hanya mencapai sekitar empat sampai enam inci. Warna daunnya hijau tua dengan strip kuning cerah. Ada pula yang disebut Vittatum, tanaman yang paling sering dibudidayakan. Panjang daunnya berkisar antara empat sampai delapan inci dengan warna daun hijau pucat dan strip putih di bagian tengahnya.

Apapun jenisnya, tanaman ini akan tetap membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Pasalnya, berdasarkan sumber dari situs Mayfieldinfrared.com, spider plant sangat cocok untuk menghilangkan toksik seperti formaldehyde dan karbon monoksida (CO). Oleh karena itu, penempatan tanaman yang dianjurkan adalah di dapur, di mana CO sangat mungkin terakumulasi.