Panduan membuat nutrisi tanaman yang berfungsi untuk merangsang pembungaan dan pembuahan. cara praktis dan mudah.
Panduan membuat nutrisi tanaman yang berfungsi untuk merangsang pembungaan dan pembuahan. cara praktis dan mudah.

Kebuners.com – Berkebun menuntut kreatifitas, utamanya di lahan sempit di perkotaan. Salah satu bentuk kreatifitas yaitu membuat nutrisi tanaman perangsang bunga dan buah. Bahannya tersedia banyak, bukan hanya itu jenisnya pun banyak.

Kali ini, bahan yang digunakan sangatlah praktis tetapi joss. Bahan utama yang digunakan adalah ciu, minuman keras hasil fermentasi yang sudah sangat akrab di kalangan masyarakat pinggiran. Bagi manusia, ciu memang memabukkan, tapi bagi tanaman, ciu dapat menyediakan nutrisi penting bagi tanaman.

Membuat nutrisi tanaman yang berfungsi untuk merangsang keluarnya bunga dan pembuahan dari bahan ciu pun sangat sederhana, sangat praktis, apalagi bahan lain untuk membuat nutrisi kombinasi ciu sangat mudah, tersedia di dapur anda, biasanya.

Manfaat Ciu sebagai air fermentasi yang mengandung alkohol bagi tanaman yaitu, sterilisasi pada tumbuhan (mengurangi dan menghentikan pertumbuhan mikroba pengganggu pada tumbuhan terutama pada daun dan batang, seperti, bercak daun (penyakit blas), jamur/khamir/cendawan serta spora organisme penyakit.

Membuat Nutrisi Tanaman Perangsang Bunga dan Buah

Dengan penggunan nutrisi perangsang buah, hasil panen akan maksimal. Anda dapat Membuat nutrisi tanaman perangsang bunga dan buah sendiri.
Dengan penggunan nutrisi perangsang buah, hasil panen akan maksimal. Anda dapat Membuat nutrisi tanaman perangsang bunga dan buah sendiri.

Bahan Nutrisi:

  • Kuning telor 4 butir
  • Susu Kental Manis putih 1 kaleng
  • Madu 1 sdm
  • Ciu 1 liter (bisa diganti dengan hasil air fermentasi lainnya seperti : fermentasi tape, fermentasi nira, sesuaikan dengan ketersediaan di daerah anda)
  • Air sumur 5 liter

Cara Membuat Nutrisi Tanaman :

  1. Kuning telor dikocok sampai halus (mixer)
  2. Masukan susu dan madu, kocok sampai rata
  3. Masukan air sumur, dan Ciu aduk rata

Dosis Penggunaan:

1 gelas (200-220ml) : 14 liter air

Cara Aplikasi:
Semprotkan nutrisi yang telah dibuat pada tanaman yang ingin dibungakan (semua jenis tanaman buah).

Perhatian:
Nutrisi ini khusus digunakan untuk merangsang pembungaan atau pembuahan, sehingga tidak cocok digunakan pada tanaman sayur. 

Dalam kegiatan berkebun atau bertani, diperlukan berbagai eksperimen yang dapat menambah pengalaman kita dalam bercocok tanam, utamanya cara membuat nutrisi tanaman sebagaimana artikel ini.

Ada banyak sekali bahan yang dapat digunakan untuk membuat nutrisi tanaman, berbagai panduannya pun sudah banyak tersedia, bahkan ada berbagai modifikasi dari para penggiat kegiatan berkebun yang dishare.

Mari ujicoba, jangan takut salah!

 

Sumber: Laboratorium Pengamatan Hama dan Penyakit Tanaman Banyumas