KOmbinasi bawang putih dan madu dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit pernapasan
Kombinasi bawang putih dan madu dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit pernapasan

Kebuners.com – Ada berbagai macam penyakit pernapasan. Sistem pernapasan pada manusia adalah salah satu sistem organ yang sangat penting. Layaknya sistem organ yang lain, sistem pernapasan pada manusia juga bisa mengalami masalah kesehatan.

Berbicara bahan alami yang dapat mengobati penyakit pernapasan, maka perlu dilirik kombinasi madu dan bawang putih. Senyawa aktif kedua bahan ini mampu membersihkan saluran pernapasan dan memperkuat pertahanan tubuh.

Senyawa aktif dan nutrisi penting yang terkandung dalam bawang putih dan madu membantu merevitalisasi tubuh serta mencegah gangguan serius berkembang.

Beberapa orang menyatakan, kombinasi madu dan bawang putih adalah pengobatan tradisional China, tetapi juga diyakini menjadi bagian dari budaya Mesir.

Khasiat Bawang Putih

Rempah atau bumbu dapur ini sangat populer bagi ibu rumah tangga, keberadaannya tak pernah absen di dapur. Kandungan dalam bawang putih berperan penting sebagai stimulan yang baik dan berfungsi sebagai ekspektoran, di mana sempurna untuk mengatasi masalah saluran pernapasan.

Senyawa aktif utama yang terkandung adalah allicin yang memiliki efek anti-inflamasi untuk meredakan nyeri tenggorokan, sinusitis, dan gejalan lain yang melibatkan masalah paru-paru.

Karena itu, bawang putih biasanya dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit pernapasan, seperti mengobati batuk, mengendalikan asma, melawan bronkitis, mengobati tuberkulosis, meringankan batuk dan flu serta mencegah alergi.

Selain itu, bawang putih juga merupakan sumber alami dari serat, gula, protein, vitamin A, C, dan E, mineral seperti kalsium, zat besi, kalium dan magnesium.

Khasiat Madu sebagai Obat

Madu berperan penting dalam berbagai kegiatan pengobatan alternatif dan dianggap sebagai sumber nutrisi yang sangat baik. Selain itu, madu juga sumber antioksidan dan zat antibiotik alami yang melindungi kesehatan paru-paru dan sistem pernapasan secara keseluruhan.

Madu memberikan vitamin B dan C, asam folat dan asam fosfat. Selain itu, madu juga merupakan sumber mineral, seperti fosfor, kalsium, magnesium silikon dan zat besi.

Bawang putih madu dapat dipersiapkan untuk mengobati penyakit pernapasan. Tetapi, Anda juga bisa membuat ramuan alami ini untuk mencegah berbagai masalah pernapasan yang bisa saja dialami oleh kita ataupun anggota keluarga lainnya.

Khasiat dari kombinasi madu dan bawang putih mampu atasi beberapa penyakit pernapasan dan mencegah masalah semakin memburuk
Khasiat dari kombinasi madu dan bawang putih mampu atasi beberapa penyakit pernapasan dan mencegah masalah semakin memburuk

Kombinasikan untuk Atasi Penyakit Pernapasan

Berikut ini beberapa langkah muda mengkombinasikan bawang putih dan madu untuk menjaga kesehatan dan mengatasi penyakit pernapasan yang sangat mengganggu.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 3 bawang putih
  • 1 sendok madu organis
  • 1 botol kaca disterilkan (sebagai wadah)

Cara membuat:

  1. Potong siung bawang putih menjadi beberapa irisan dan taruh di toples.
  2. Tambahkan madu pada bawang putih dan simpan di tempat yang sejuk serta gelap.
  3. Simpan selama seminggu, baru mulai mengonsumsinya
  4. Untuk pencegahan, konsumsi satu sendok teh sebelum sarapan
  5. Jika Anda ingin mengobati penyakit, konsumsi lima sendok makan sehari selama 7 hari.

Ramuan alami ini dapat digunakan untuk mengobati batuk dan pilek, saluran pernapasan mampet, demam dan mengigil, batuk kering dan berbagai masalah kesehatan pada sistem organ pernapasan.

 

Sumber: disadur dari Steptohealth