Bawang putih merupakan salah satu bahan yang membantu menjaga kesehatan paru-paru. bagi perokok, bumbu dapur ini dapat menjadi teman baik.
Bawang putih merupakan salah satu bahan yang membantu menjaga kesehatan paru-paru. bagi perokok, bumbu dapur ini dapat menjadi teman baik.

Kebuners.com – Bicara soal menjaga kesehatan paru-paru, maka merokok adalah aktifitas yang paling mengancam organ ini. Namun kebiasaan merokok juga tidak dapat dihentikan begitu saja jika sudah terlanjur kecanduan.

Sambil berusaha untuk melepaskan diri dari jeratan candu rokok, ada upaya yang penting guna tetap menjaga kesehatan paru-paru kehati tetap menikmati sebungkus-demi sebungkus rokok. Bukan rahasia lagi bahwa racun yang dihasilkan oleh tembakau rokok berupa nikotin dan TAR sangat berbahaya bagi paru-paru.

Upaya menjaga kesehatan paru-paru tersebut tidak ribet, malah sangat mudah, apalagi bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramuan herbal tersedia di dapur. Dikutip dari Healthycures.org, untuk membuat ramuan pembersih paru-paru dibutuhkan bahan-bahan berupa bawang putih, jahe, kunyit, dan madu.

Baca juga: Atasi Penyakit Pernapasan dengan Kombinasi Bawang Putih dan Madu

Adapun kandungan dalam bahan-bahan yang digunakan seperti Senyawa aktif utama yang terkandung adalah allicin yang memiliki efek anti-inflamasi untuk meredakan nyeri tenggorokan, sinusitis, dan gejalan lain yang melibatkan masalah paru-paru.

Sedangkan jahe yang memiliki sifat penyembuhan dan telah digunakan sejak zaman kuno. Jahe memiliki kemampuan untuk menghilangkan penumpukan lendir.

Sementara kunyit mengandung anti bakteri, anti virus dan anti septik. Kunyit dapat membersihkan darah dan mencegah peradangan. Sedangkan bawang memberikan sifat anti kanker yang kuat.

Cara Membuat Ramuan untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Caranya membuat ramuan untuk menjaga kesehatan paru-paru ini sangat mudah. Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu 400 gram bawang, dua sendok teh kunyit, jahe satu inci, madu 400 gram serta satu liter air.

Kemudian rebus air, lalu campurkan potongan bawang dan parutan jahe ke dalam air rebusan, diamkan hingga air mendidih.

Setelah air mendidih campurkan lagi kunyit yang sudah dihaluskan, kemudian angkat dan dinginkan.

Air rebusan yang telah dingin tersebut kemudian disaring untuk memisahkan ampasnya. Ingat! Jangan membuat masalah baru dengan mengkonsumsi ampas ramuan ini juga, ini bukan malah menjaga kesehatan paru-paru.

Setelah disaring, air rebusan tersebut sebaiknya dimasukkan ke dalam wadah botol dan simpan di lemari es agar awet dikonsumsi beberapa hari kedepan, sehingga tidak repot untuk membuatnya setiap saat.

Adapun cara mengonsumsinya yaitu dengan meminum air rebusan sebanyak dua kali sehari pada pagi hari sebelum makan dan malam hari setelah makan (ringan). Dosis yang dianjurkan cukup dua sendok makan setiap kali minumnya.

Dengan mengkonsumsi air rebusan itu secara rutin, akan membantu menghilangkan racun di paru-paru akibat kebiasaan merokok.