Cara menanam brokoli, sayuran nikmat yang manfaatnya luar biasa terhadap kesehatan tubuh
Cara menanam brokoli, sayuran nikmat yang manfaatnya luar biasa terhadap kesehatan tubuh

Kebuners.com – Brokoli merupakan salah satu sayuran biasanya dibuat untuk makanan sop, tumis, dan capcai. Sayuran ini tentu sudah populer bagi kita semua kan, sekarang mari kita mencoba menanam brokoli di rumah, bisa dengan menggunakan pot maupun polybag, atau pada bagian lain yang tersedia di rumah

Ada dua jenis brokoli yang biasanya kita kenal dipasar-pasar tradisional dan pasar swalayan, yaitu brokoli putih dan brokoli hijau, tapi untuk manfaatnya buat kesehatan brokoli hijau lebih bermanfaat daripada brokoli putih.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Sayur Brokoli

Mari kita mulai menanam brokoli, berikut ini beberapa langkah yang menjelaskan cara menanam brokoli.

Guna mendapatkan kualitas tanaman yang baik, pada proses pembibitan idealnya sebelum disemai benih, perlu diberi beberapa perlakuan sebagai berikut:

  1. Sterilisasi benih, dengan merendam benih menggunakan larutan fungisida dengan dosis yang dianjurkan atau dengan merendam benih kedalam air panas sekitar 550C selama 15-30 menit.
  2. Penyeleksian benih, dengan merendam benih kedalam air, yang mana benih yang baik akan tenggelam.
  3. Rendam benih selama + 12jam atau sampai benih terlihat pecah agar benih cepat berkecambah.

Penyemaian dilakukan dengan menaruh benih di tray atau polibag kecil sedalam 0,2-1,0 cm. Bisa juga menggunakan wadah yang lebih lebar untuk menyemai, sehingga tak perlu repot menyemai benih satu-satu ke dalam tray ataupun polybag.

Media semai ideal yaitu campuran tanah halus/gembur, pupuk kandang matang dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1 atau 1:1:1.

Proses Penanaman Brokoli

Saat bibit telah memiliki empat daun sejati, maka pindah tanam perlu dilakukan
Saat bibit telah memiliki empat daun sejati, maka pindah tanam perlu dilakukan

Setelah bibit memiliki 4 helai daun atau berumur 1 bulanan, biasanya disebut dengan daun sejati. Penanaman dilakukan pada wadah polybag, pot, ataupun langsung halaman rumah.

Media tanam yang digunakan adalah media tanam yang memiliki unsur hara dan drainase yang baik untuk menunjang pertumbuhan. Gunakan tanah gembur dengan campuran pupuk kandang yang sudah matang ataupun pupuk kompos, sebaiknya tambahkan juga arang sekam jika tersedia.

Perbandingan antara tanah, pupuk kandang dan arang sekam adalah 2:1:1.

Proses Perawatan Brokoli

Saat tanaman sayur brokoli sudah tumbuh dengan sehat, kita perlu melakukan perawatan untuk membantu pertumbuhan brokoli. Dalam proses perawatan saat menanam brokoli, berikut ini hal yang perlu dilakukan

Penyiraman

Penyiraman dilakukan pada pagi atau sore hari, kalau musim kemarau dilakukan 1-2 kali sehari terutama pada saat baru pindah tanam dan pada saat pembentukan bunga.

Jika di musim hujan dapat dilihat kondisinya, yang terpenting disesuaikan saja dan tidak boleh meninggalkan media tanam menjadi kering.

Pemupukan Tanaman Brokoli

proses pemupukan dilakukan secara berkelanjutan yakni minggu pertama, minggu ketiga dan minggu kelima dari penanaman (bukan pembenihan)

Teknisnya, untuk melakukan pemupukan dari proses menanam brokoli, dengan melarutkan NPK sekitar sesendok teh kedalam seember air (ukuran 5 liter), kemudian disiramkan keatas tanah sekitar tanaman. Kelebihan pupuk dapat menyebabkan tanaman kering/terbakar.

Penyiraman larutan pupuk juga perlu menghindari bagian daun brokoli.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Apabila ada hama dan penyakit yang memerlukan tindakan pengendalian bisa dilakukan manual atau penyemprotan dengan pestisida.

Jika jumlah tanaman hanya sedikit dam memungkinkan untuk penanggulangan manual, dapat dilakukan secara manual. Namun jika tidak ingin repot, penyemprotan pestisida dapat dilakukan. Gunakan pestisida nabati atau alami, bisa dengan membuat sendiri maupun membeli.

Perempalan Tanaman

Ketika tanaman sudah memasuki masa berbunga, maka diketiak daun yang dekat dengan calon bunga akan muncul tunas-tunas tanaman baru, agar pertumbuhan terfokus ke calon bunga maka perlu dilakukan perempalan tunas-tunas tersebut.

Perempalan ini bisa jadi opsi saja, tunas baru tetap dibiarkan tumbuh, namun bunga brokoli yang dihasilkan berukuran kecil. Jadi pilih mana?

Tips: Tunas baru yang tadinya disingkirkan jangan dibuang begitu saja, coba dijadikan sayur dengan ditumis misalnya. enak!

Tunas hasil Perempalan

Mengikat daun brokoli sehingga bunga tidak terpapar sinar matahari, hasilnya brokoli berwarna hijau lebih muda
Mengikat daun brokoli sehingga bunga tidak terpapar sinar matahari, hasilnya brokoli berwarna hijau lebih muda

Setelah muncul bunga, opsi selanjutnya adalah bunga brokoli mau warnanya hiaju gelap atau hijau terang? jika menginginkan hijau terang maka daun-daun tua tanaman diikat ke atas untuk menutupi bunga yang sedang tumbuh, fungsinya jelas yaitu melindungi bunga dari sinar matahari.

Silahkan dicoba bereksperimen.

Proses Panen Brokoli

Pemanenan dilakukan pada usia 55-100 hari setelah tanam tergantung jenis varietasnya.

Selamat mencoba dan menikmati proses yaa…

 

Sumber: disadur dari petanirumahan.com