Bawang putih sebagai bahan pestisida alami
Bawang putih sudah dikenal sebagai bahan pestisida alami, bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan lainnya seperti kunyik, lengkuas dan merica.

Kebuners.com – Sudah menjadi ketetapan cara kerja alam, bahwa dalam berbagai urusan dengan kebun, pasti ada gangguan hama. Untuk menanggulangi problem di kebun seperti itu, kita perlu mencoba membuat ramuan pestisida alami demi mengatasi serangan tamu tak diundang tersebut.

Pestisida alami adalah satu pilihan penting disamping pestisida kimia yang memang lebih efektif membasmi hama sebagai racun kontak. namun dari sisi kesehatannya, pestisida alami ataupun disebut juga pestisida organik lebih ramah lingkungan, lebih sehat jika tanaman nantinya diolah untuk dimakan.

Sebelum memulai, perlu diperhatikan kondisi tertentu bahwa ramuan pestisida alami ini membutuhkan pengalaman yang baik soal hama, jadi perlu usaha praktek berkelanjutan, semacam trial and error. yap, berkebun membuat kita perlu belajar sedikit mengenai bagaimana menjamu tamu tak diundang di kebun rumah kita.

Jadi, walaupun pembuatan pestisida alami ini cukup mudah, perlu banyak praktek. Selanjutnya, mari memanfaatkan beberapa bahan dapur untuk membuat pestisida alami.

Bahan-bahan Pestisida

  • Bawang putih 1 ons
  • Kunyit 1 ons
  • Lengkuas 3 ons
  • 3 batang serai
  • Merica secukupnya

Hama Sasaran

Semut, lalat buah, tungau, ulat daun, jangkrik, belalang, laba-laba, kutu, dan lain-lain

Cara Membuat Pestisida Alami

  1. Tumbuk bahan-bahan yang sudah disiapkan tersebut hingga halus.
  2. Campurkan dengan 1 Liter air dan didihkan.
  3. Setelah mendidih, pindahkan ke dalam mangkok besar atau wadah yang lain.
  4. Lalu tambahkan sabun cuci piring secukupnya. Aduk hingga rata dan dinginkan
  5. Sebelum digunakan, saring campuran tersebut agar tidak menyumbat pada semprotan
  6. Setelah semua bahan tercampur, didihkan, lalu saring dan simpan pada wadah penyemprot.

Cara Aplikasi

Setiap penggunaan 100 cc hingga 200 cc, tambahkan air 3 liter hingga 4 liter. Semprotkan pada tanaman yang terkena hama.

===

Tak ada salahnya melalukan berbagai penyesuai untuk mengembangkan ramuan di atas, karena ada berbagai tanaman yang juga memiliki kandungan khusus yang berfungsi sebagai pestisida, misalnya berbagai tanaman yang dapat diolah menjadi pestisida nabati.

Pada kesempatan lainnya, kita akan mencoba lagi membuat aneka ramuan pestisida organik untuk menjamu berbagai tamu tak diundang yang malah merusak tanaman kita, bahkan ada yang gagal panen karena tidak ada upaya penanggulangan serangan hama.