cara-memasak-brokoli
Cara Memasak Brokoli. Tips Penting bagi Pecinta Makanan Sehat

Kebuners.com –  Sayur brokoli yang unik dan kaya manfaat mungkin dapat dianggap sebagai sayuran yang manja, bukan pada saat penanamannya tetapi olahan pasca panen. Yap Memasak brokoli perlu perhatian khusus agar manfaatnya tetap terjaga untuk diserap oleh tubuh kita.

Baca juga: Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Brokoli tidak memiliki masa simpan yang cukup panjang. Karena itulah Anda pun perlu memahami cara memilih, meyimpan dan memasak brokoli agar rasa dan nilai brokoli dapat tetap terjaga. Berikut ini ulasan penting kami mengenai olahan pasca panen brokoli.

Tips Memilih Sayur Brokoli

  1. Pilihlah sayur brokoli yang kering karena air yang terperangkap disela-sela kuntum brokoli akan susah keluar. Akibatnya, kuntum dan sekitarnya akan mudah busuk selama disimpan. Bila perlu, kibaskan brokoli untuk mengeluarkan air yang terjebak disela-sela kuntum itu.
  2. Perhatikan tampilan kuntum brokoli. Pilih kuntum yang masih kuncup dan padat dengan warna hijau gelap dan kompak.
  3. Jangan membeli brokoli yang terdapat bercak kehitaman atau kekuningan. Bercak ini bisa disebabkan oleh titik busuk, kelayuan, maupun kotoran. Amati pula bekas tebasan di pangkal batang guna mendeteksi jejak busuk di tengah batangnya. Jika ditekan, jejak busuk itu akan terasa lunak dan berair.
  4. Jangan ragu untuk menggunakan indera penciuman Anda guna mengenali gejala kebusukan yang tidak terlihat.
  5. Untuk mengetahui brokoli yang Anda beli segar atau tidak, tekan batang atas brokoli dengan ujung jari. Brokoli yang masih segar memiliki batang yang masih keras.