Menanam bunga asoka di taman atau halaman rumah dapat mengundang kupu-kupu yang cantik.
Menanam bunga asoka di taman atau halaman rumah dapat mengundang kupu-kupu yang cantik.

Kebuners.com – Cukup penting menanam bunga Asoka di halaman rumah. Menurut Mang Yono, menanam tanaman bukan hanya bermanfaat untuk manusia saja, tetapi membantu melestarikan alam karena tanaman tidak hanya dinikmati oleh manusia, tetapi akan dirasakan oleh mahluk-mahluk yang lainnya

Sebut saja makhluk lain itu adalah burung-burung, kumbang, capung, kupu-kupu dan sejenisnya, mereka dapat terbang dengan riangnya di halaman rumah yang rindang dan berbunga. Mungkin bagi anda bunga asoka tidak begitu menarik, mungkin karena sering melihat bunga asoka timbuh dimana-mana.

Kata “Asoka” berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti bebas dari kesedihan. Secara filosofi tepatlah bunga ini dijadikan penawar bagi hati yang sedang sedih, asoka dapat menjadi pelipur lara.

Keberadaan bunga asoka di beranda rumah selain untuk penyejuk hati, juga dapat menarik kehadiran satwa liar untuk menghisap nektar, seperti kupu-kupu. Bunga asoka merupakan salah satu tanaman pakan bagi kupu-kupu jenis Papilio memnon dan Papilio demoleus.

Di Indonesia, ada dua jenis bunga asoka yang dikenal, yakni pohon asoka yang tumbuh menjulang tinggi tanpa ranting atau disebut juga glodokan tiang (Polyalthia Longifolia) dan asoka biasa (Polyalthia sp.) yang memiliki ranting dan berdaun runcing. Biasanya tanaman ini digunakan untuk penghijaun maupun tanaman hias.

Sekedar info, bahwa orang-orang Eropa sering menyebut tanaman ini dengan istilah Flame of the Wood yang berarti api dari hutan, itu  karena warna bunganya yang cerah serta mencolok layaknya api. Lalu mengapa hutan? Sebab, konon bunga Asoka pertama kali ditemukan tumbuh liar di hutan.

Selain fungsinya sebagai tanaman hias, bunga asoka juga memiliki khasiat terutama bagi kesehatan. Sifat mujarabnya ini berasal dari senyawa hematoksilin pada bagian bunga dan kulit kayunya. Selain hemaktosilin, bunga asoka juga mengandung tannin yang melimpah, zat besi serta unsur organik pembangun tubuh lainnya.

Khasiat bunga asoka diantaranya mengobati gejala disentri hemoragik, mengatasi haid yang tidak lancar, mengusir kram pada betis, dan mengobati luka memar pada tubuh.

Cara Memperbanyak Bunga Asoka

Pembibitan bunga asoka dengan stek batang yang sudah tua
Pembibitan bunga asoka dengan stek batang yang sudah tua

Pembibitan bunga asoka diperoleh dengan cara vegetatif dengan cara stek, pilih bagian batang pohon asoka yang telah berusia untuk dijadikan sebagai bibit tanaman. Pilih rampalan yang memiliki setidaknya panjang 15 cm.

Kemudian setelah itu tancapkan rampalan ini pada media semai yang berada dalam iklim sejuk (tidak kering dan teduh). Tujuanya supaya batang yang dipakai sebagai bibit cepat mengeluarkan akar dan tumbuh tunas baru.

Saat bibit telah mengeluarkan akar, langkah berikutnya ialah proses pindah tanam. Namun sebelumnya tentu perlu menyiapkan media tanam terlebih dulu. Media tanam bisa dibuat dari campuran tanah dengan pupuk organik (pupuk kandang atau pupuk kompos), tambahkan jura arang sekam atau sekam bakar agar media tanam lebih berkualitas.