Kebun kangkung organik di rumah. Pentingnya mengkonsumsi sayuran kangkung di rumah karena manfaat kangkung bagi ibu hamil yang sangat baik.
Kebun kangkung organik di rumah. Pentingnya mengkonsumsi sayura kangkung di rumah karena manfaat kangkung bagi ibu hamil yang sangat baik.

Kebuners.com – Kangkung merupakan tanaman sayur yang sangat mudah ditanam, masa panennya pun sangat cepat yakni 25 hari. Sayur kangkung bukan hanya pilihan menu yang enak, tetapi menyehatkan. Sayur kangkung sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Konsumsi sayur kangkung di masa hamil sangat baik untuk perkembangan janin. Terdapat banyak segali kandungan gizi pada sayur kangkung, sebagaimana dikutip dari laman wikipedia, berikut ini daftar kandungan gizi sayur kangkung;

Nilai Gizi Kangkung per 100 g (3.5 oz)
Energi 79 kJ (19 kcal)
Karbohidrat 3.14 g
Serat makanan 2.1 g
Lemak 0,2 g
protein 2,6 g

Kandungan Vitamin Kangkung
Vitamin A equiv. (39%) 315 ug
Tiamin (B1) (3%) 0,03 mg
Riboflavin (B2) (8%) 0,1 mg
Niacin (B3) (6%) 0,9 mg
Asam pantotenat (B5) (3%) 0,141 mg
Vitamin B6 (7%) 0,096 mg
Folat (B9) (14%) 57 ug
Vitamin C (66%) 55 mg

Mineral
Kalsium (8%) 77 mg
Besi (13%) 1,67 mg
Magnesium (20%) 71 mg
Mangan (8%) 0,16 mg
Fosfor (6%) 39 mg
Kalium (7%) 312 mg
Sodium (8%) 113 mg
Zinc (2%) 0,18 mg

Kayanya kandungangizi pada sayur kangkung sebagaimana terlihat di atas dianggap penting untuk ibu hamil dan pertumbuhan janinnya. Setidaknya terdapat beberapa manfaat sayur kangkung bagi ibu hamil.

Bersumber dari beberapa situs web yang membahas mengenai manfaat kangkung, kami merangkum manfaat bagi ibu yang sedang menjalani masa kehamilan.

Manfaat Sayur Kangkung bagi Ibu Hamil

manfaatkan halaman rumah untuk menanam sayur kangkung, selain menyenangkan juga menjadi sumber makanan sehat bagi ibu hamil
manfaatkan halaman rumah untuk menanam sayur kangkung, selain menyenangkan juga menjadi sumber makanan sehat bagi ibu hamil

Bantu Pembentukan Tulang Pada Janin
Faktanya, sayur kangkung memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi yang berperan penting di dalam proses pembentukan tulang, gigi dan pertumbuhan pada janin.

Lancarkan Pencernaan Ibu Hamil
Kandungan serat pada kangkung tergolong tinggi, bekhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga menjaga kesehatan organ pencernaan. Selain itu serat juga dapat menjadi pengikat kolestrol dalam tubuh agar tak menyumbat pembuluh darah.

Memelihara Fungsi Mata bagi Ibu Hamil
Ternyata dalam 100 gram kangkung, terkandung Vitamin A equiv 315 ug sehingga baik untuk menjaga kesehatan mata saat sedang hamil.

Fungsi lainnya dari vitamin A yaitu sebagai imunitas janin dari gangguan kesehatan, namun dosisnya tidak boleh terlalu banyak karena bisa menjadi penghambat pertumbuhan.